Profesi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Profesi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
- Profesionalisme (profésionalisme) ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional. Profesionalisme berasal daripada profesion yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme adalah tingkah laku, kepakaran atau kualiti dari seseorang yang profesional (Longman, 1987).
- Profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.
- Karyawan profesional adalah seorang karyawan yang digaji dan melaksanakan tugas sesuai juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan juknis (Petunjuk Teknis) yang dibebankan kepada dia. Sangat wajar jika dia mengerjakan tugas di luar Juklak dan Juknis dan meminta upah atas pekerjaannya tersebut. Karena profesional adalah terkait dengan pendapatan, tidak hanya terkait dengan keahlian.
- Kode Etik Profesi merupakan suatu tatanan etika yang telah disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Kode etik umumnya termasuk dalam norma sosial, namun bila ada kode etik yang memiliki sanksi yang agak berat, maka masuk dalam kategori norma hukum yang didasari kesusilaan.
- Kode Etik juga dapat diartikan sebagai pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku dan berbudaya. Tujuan kode etik agar profesionalisme memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai narkoba atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional.
Jenis-jenis Profesi Dibidang IT
System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian untuk
menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system
yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system
yang akan dikembangkan.
·
Tugas
:
1.
Mengembangkan
perangkat lunak/software dalam tahapan requirement, design dan construction
2.
Membuat
dokumen requirement dan desain software berdasarkan jenis bisnis customer
3.
Membangun
framework untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer
Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk
client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.
·
Tugas
:
Membuat program baik
aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada.
Web designer adalah mereka yang memiliki keahlian dalam
membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan
promosi situs secara visual.
·
Tugas
:
1.
Mendesain tampilan situs
2.
Memastikan tampilan
gambar berfungsi ketika ditambahkan bahasa pemrograman
Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara
teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.
·
Tugas
:
1.
Menjaga kelancaran akses
situs (instalasi dan konfigurasi sistem)
2.
Merawat hosting dan
domain
3.
Mengatur keamanan server
dan firewall
4.
Mengatur akun dan kata
sandi untuk admin serta user
Web Developer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk
memberikan konsultasi pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah
ditentukan.
·
Tugas
:
1.
Menganalisa kebutuhan
sistem
2.
Merancang web atau situs
(desain dan program)
3.
Mengaktifkan domain dan
hosting
4.
Pemeliharaan situs dan
promosi
Software Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk
memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai
pemeliharaan sistem setelah digunakan.
·
Tugas
:
Merancang dan menerapkan
metode terbaik dalam pengembangan proyek software
Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang
teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
·
Tugas
:
1.
Membuat jaringan untuk
perusahaan atau instansi
2.
Mengatur email, anti
spam dan virus protection
3.
Melakukan pengaturan
user account, izin dan kata sandi
4.
Mengawasi penggunaan
jaringan
IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan
seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti
install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini
cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan
pendidikan khusus.
·
Tugas
:
1.
Install software
2.
Memperbaiki hardware
3.
Membuat jaringan
Database
Administrator adalah mereka yang
memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki
database.
·
Tugas
:
1.
Menginstal perangkat
lunak baru
2.
Mengkonfigurasi hardware
dan software dengan sistem administrator
3.
Mengelola keamanan
database
4.
Analisa data di database
Deskripsi Kerja Profesi
di Indonesia
a. IT Programmer
- Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak.
- Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak.
- Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan.
b. System Analyst
- Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.
- Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
- Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem pengoperasiannya.
c. IT Project Manager
- Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
- Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.
- Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
d. IT Support Officer
- Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
- Membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
- Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
e. Network Administrator
- Maintain dan perawatan jaringan LAN.
- Archive data.
- Maintain dan perawatan komputer.
f. Network Engineer
- Maintenance LAN dan Koneksi Internet
- Maintenance hardware
- Maintenance database dan file
- Help Desk
g. Network and Computer
Systems Administrators
- Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
- Melakukan backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
- Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
h. Network Systems and
Data Communications Analysts
- Menguji dan mengevaluasi hardware dan software untuk menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang ada, dan membuat rekomendasi pembelian.
- Desain dan implementasi sistem, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan, termasuk teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
- Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah komunikasi data.
i. Web Administrators
- Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
- Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
·
Meninjau atau
memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat, menggunakan
tool-tool.
j. Web Developers
- Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
- Melakukan atau update situs web langsung.
- Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
k. Computer Security
Specialists
- Mengenkripsi transmisi data dan membangun firewall untuk menyembunyikan informasi rahasia seperti sedang dikirim dan untuk menahan transfer digital tercemar.
- Mengembangkan rencana untuk melindungi file komputer terhadap modifikasi disengaja atau tidak sah, perusakan, atau pengungkapan dan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data darurat.
- Meninjau pelanggaran prosedur keamanan komputer dan mendiskusikan prosedur dengan pelanggar untuk memastikan pelanggaran tidak terulang kembali.
Standart Profesi di
Indonesia
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat. Secara
tidak langsung dinamika industri di bidang ini juga meningkat dan menuntut para
profesionalnya rutin dan berkesinambungan mengikuti aktifitas menambah
ketrampilan dan pengetahuan baru. Perkembangan industri TI ini membutuhkan
suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan profesi yang
berkaitan dengan keahlian dan fungsi dari tiap jabatannya. Hal ini menimbulkan
kebutuhan untuk dibentuknya suatu standar profesi di bidang tersebut. Sertifikasi
berbeda dengan ujian, lisensi ataupun registrasi. Registrasi mungkin berguna
untuk statistik, tetapi tidak praktis untuk diterapkan akan lebih bermanfaat
dengan sertifikasi. Untuk sertifikasi, inisiatif harus lahir dari sektor
industri dan untuk bidang teknologi informasi sebaiknya berfokus pada model
SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Profesional Standardisation).
Sertikasi pada model SRIG-PS berbeda dengan badan lain
seperti IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Sertifikasi
pada model SRIG-PS adalah independen, obyektif, dan tugas yang regular bagi
kepentingan profesional dalam satu atau lebih area di teknologi informasi.
Sedangkan sertifikasi IEEE adalah suatu jaminan tertulis, yang merupakan suatu
demonstrasi formal yang merupakan konfirmasi dan merupakan suatu sistem atau komponen
dari suatu persyaratan tertentu dan diterima untuk keperluan operasi.
Sertifikasi ini memiliki
tujuan untuk :
- Membentuk tenaga praktisi TI yang berkualitas tinggi,
- Membentuk standar kerja TI yang tinggi,
- Pengembangan profesional yang berkesinambungan.
Pengertian inovasi si
dan new technology
Inovasi Sistem Informasi
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Inovasi adalah
pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda
dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
Dalam
Teknologi Informasi, inovasi inovasi yang baru dapat menghasilkan sebuah produk
yang berkembang. Dapat juga membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan
perusahaan.
-
Contoh :
A. Televisi
Televisi
dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media
visual/penglihatan. kita tak perlu ketempat yang jauh untuk melihat kondisi
dari suatu kejadian tertentu yang jauh atau bahkan sangat jauh
B. Sosial
Media
![]() |
Sosial Media adalah sekarang
ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat,
instagram, dan lain-lain. Ada yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag
lokasi. Dari awalnya hanya update status, ganti profile picture. Sekarang semua
bisa di update melalui sosial media. Hal hal yang tidak kita mau lewati bisa
kita post ke sosial media.
C. VR (Virtual Reality)
Virtual Reality
adalah teknologi yang membuat
pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia
maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam
lingkungan tersebut
D. Teknologi
baru dalam bermain Game
Untuk
terciptanya alat gaming yang stabil dan efektif terhadap si pengguna. Teknologi
gaming semaking berkembang. Contohnya Playstation Eye yang mendeteksi
gerakan pemain, sama halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture,
seperti Nintendo Wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru
itu ada virtual reality. Virtual reality diharapkan kedepannya bisa membawa
pemain merasakan masuk kedalam game.
E. Drone
Drone
merupakan adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat
kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control.
Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang
secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan
menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara.
Sumber
dan Refrensi:
- https://ms.wikipedia.org/wiki/Profesionalisme
- Pengenalan Komputer, Gunadarma 1996 oleh D. Suryadi H. S.
- https://id.wikipedia.org/wiki/Profesional
- https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_etik_profesi
- http://forum.detik.com/ragam-profesi-di-bidang-it-t487710.html
- http://pustaka.ictsleman.net/informatika/makalah/5_Jenis-jenis_Profesi_di_ti.pdf
Komentar
Posting Komentar