PERANAN DESAIN GRAFIS

 

Peran Desainer Grafis dalam Pembuatan Media Promosi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti selalu memasarkan produk-produknya untuk dikenal konsumennya. Pembuatan media promosi dengan desain yang bagus dan menarik sangat penting untuk mendorong iklan sebagai penyampai pesan terhadap merek dagang sebuah produsen. Semua itu tidak lepas dari peran desainer grafis yang handal dalam mengolah gambar dan memadu warna untuk di publikasikan sehingga dapat membangun brand awareness.

Peran Desainer Grafis dalam Pembuatan Media Promosi

Sebuah desain idealnya menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif. Desain harus mampu menggambarkan kualitas atau citra yang dibangun oleh suatu produk atau perusahaan. Dalam hal ini, ciri khas dari produk/perusahaan dari pesaingnya juga harus bisa teridentifikasi dalam desain tersebut. Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa tujuan yang dicapai perusahaan secara visual.

Peran desainer adalah menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau motion graphic. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak, dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

Perancang grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh klien dalam bentuk desain yang menarik. Pentingnya mengeksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram, dan lain-lain serta warna dan penggunaan teks yang sesuai sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.

Jadi peran desainer grafis sangat berpengaruh sekali dalam pemasaran. Sebuah produk/perusahaan yang tidak memiliki Desain Grafis yang menarik maka akan sulit mendapatkan perhatian pelanggan. Sejalan dengan desain yang menarik, maka strategi branding atau marketing juga harus tepat.

Peran Desain Grafis

Dalam berbagai kesempatan, memang dijumpai adanya desain yang bagus dan mengesankan,

 tetapi tidak sedikit pula yang hanya sekadar dibuat, sehingga tidak memiliki makna yang berdampak. Oleh karena itu, peran seorang desainer grafis sangat dibutuhkan, antar lain:

  1. Mengkomunikasikan Pesan secara Visual
  2. Konten dalam desain akan Lebih Efektif dan Efisien
  3. Desainer grafis dapat menghemat waktu
  4. Desainer Grafis Paham Prinsip dan Elemen Desain
  5. Desainer Grafis Menentukan Desain Branding yang Baik

Peran Penting Design Grafis Dalam Pemasaran

Dalam sebuah program pemasaran, desain berperan sangat amat penting dalam tercapainya target penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti : web, desain poster, brosur, flyer, banner dll.

Sebuah desain idelanya menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif. Desain harus mampu menggambarkan kualitas ataupun citra yang dibangun pada sebuah produk atau perusaan. Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan atau ingin dicapai produk/ perusahaan. Desain bukan hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar dengan bagus.

Desain harus mampu menggambarkan tujuan yang ingin dicapai secara visual. Selain itu, desain juga harus mampu mengidentifikasikan produk/perusahaan yaitu menjadi ciri khas yang nantinya akan membedakan dengan pesaingnya.

Jadi Desain Grafis sangat berperngaruh sekali dalam marketing, sebuah brand/produk/perusahaan jika tak memiliki Desain Grafis yang menarik maka akan sulit dimarket-kan, dan sebagus bagusnya desain jika tidak dibarengi dengan branding atau marketing yang bagus akan percuma juga.

 

Baca juga: Menilik Dasar – Dasar Desain Grafis


Proses Perancangan Desain Grafis


Dalam desain grafis, diperlukan adanya perancangan yang baik. Untuk itu ada beberapa tahapan dalam perancangan tersebut, yaitu :

1. KONSEP 
          adalah sebuah pemikiran atau gagasan yang berupa  tujuan/maksud, sasaran  atau segment pasar yang dituju (audience) yang berasal dari desainer atau klien yang akan mendasari dalam perancangan dan pembuatan desain grafis
2. MEDIA 
           adalah alat yang penyampai pesan, media bisa berupa cetak dan elektronik. Agar pesan yang disampaikan tepat kepada sasaran atau audien diperlukan sebuah media yang tepat.
3. IDE
           Sebagai seorang desainn grafis profesional ia harus kaya akan ide. Ide-ide tersebut tidak bisa muncul begitu saja, tetapi harus dicari dengan cara melihat, membaca, sehingga dia memiliki wawasan yang luas dan dapat menerapkan idenya kedalam desain visual. Ide-ide kreatif biasanya berasal dari pemikiran-pemikiran yang melampau batas.
4. DATA
           Berbagai data harus kita kumpulkan dan dipilah sebelum diolah menjadi produk Grafis Data-data tersebut bisa berupa data teks yang berupa informasi atau pesan yang disampaiakan sampai data visual seperti foto atau ilustrasi.
5. VISUALISASI
           Berbagai komponen yang masuk kedalam visualisasi antara lain warna, layout, finishing. Komponen-komponen diatas saling melengkapi untuk menampilkan desain yang menarik dan informatif. Kepaduan antara komponen tersebut akan menentukan keefektifan suatu desan dalam menyampaikan informasi.
6. PRODUKSI
Media Cetak
-. Print Preview
 Media Elektronik
-. Tahapan Produksi
. Pra Produksi
. Produksi
. Pasca Produksi










Komentar

Postingan Populer